Selasa, 05 Juli 2011

Soto Ayam Bok Ijo






Soto Ayam Bok Ijo

Apakah itu ? hahaha...sebenernya sama seperti soto2 yang lain.
Ini soto khas asalnya dari kampung halaman ku KEDIRI
kenapa di namakan BOK IJO....karena dulunya ada sekumpulan pedagang soto yang berjualan di sekitar Bok ijo. Suasana nya khas banget....tapi sekarang udah di pindahkan ke area terminal Kediri. Kalau pulang kampung, pasti di sempetin ke sana.

Rasanya gurih, menggunakan santan untuk kuahnya. Dijual dalam porsi kecil...makan satu porsi gak akan cukup. Harganya murah lagi...sekitar 4000 an...murah kan ?

Aku sudah sering sih buat soto ini sendiri, tapi ada yg kurang apa ya ?
setelah dapet ngincipin soto bok ijo buatan ci wiwik , rasanya pas n enak...makanya aku intip resepnya ( hehe...ngintip yah ci ) Ternyata sama bumbunya....cuman kurang bubuk pala aja....hehe

lansung tancep bikin.....
Ini resep sesuai selera ku yah

Bahan :
1 kg paha ayam
3 bj daun sereh memarkan
4 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas memarkan
3 cm jahe memarkan
200 ml santan sedang
2 lbr daun bawang iris2
Gula
Garam
Merica

Bumbu halus :
10 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1 cm kunyit
2 cm kencur
4 bj kemiri
1 sdt bubuk pala
1 sdt ketumbar



Pelengkap :
Bawang putih goreng, hancurkan dengan tangan saja
Seledri iris halus
Kubis iris tipis
Sambal kecap
Jeruk nipis

Cara membuat :
- Rebus ayam bersama kurleb 2 liter air, daun jeruk, sereh, lengkuas, dan jahe 
- Tumis bumbu halus dengan api kecil sampai bumbu matang dan sedikit mengering
- Masukkan bumbu yang sudah di tumis ke dalam rebusan ayam
- Masukkan santan
- Masukkan Gula, garam dan merica
- Masukkan daun bawang
- Tes rasa, lalu angkat ayam nya saja. Matikan api
- Goreng sebentar ayam nya dan iris tipis2

Penyajian :
- Sajikan kuahnya bersama ayam yang sudah di iris tipis bersama kubis. Tambahkan bawang goreng dan seledri. Siap di santap bersama sambal kecap dan jeruk nipis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar