Rabu, 11 Mei 2011

BIKA AMBON





LBT#5
NIEN ING
No. Anggota : 90
Tema : KUE TRADISIONAL yg di panggang

...



Begitu tau tema adalah kue traditional yang di panggang, langsung kepala cenat cenut....hahaha
Secara aku jarang bikin kue traditional.

Setelah aku pertimbangkan, aku mau coba lagi buat BIKA AMBON. Dulu pernah buat dengan teknik yang di oven......hasilnya bantat dengan amat sukses....kertas rotinya nempel banget sama adonan. Wah nangis guling2 deh....

Menurutku dengan langsung di panggang di atas api akan lebih efisien daripada di oven. Karena loyang harus dalam keadaan panas saat adonan di tuang, jadi loyang harus di panaskan di oven......waaahhhh amat ribet.

Akhirnya.....bisa juga buat Bika Ambon. Berkat LBT aku jadi punya semangat untuk mencoba kembali. Rasanya bakul kue wajib bisa bikin ini....hehehehe
Ini aku pake cetakan lumpur....yang menurutku kurang tinggi ya....
Pake cetakan apa ya yang lebih tinggi dari ini ?
Ntar mau nanya di forum ajahhhhh

Ini aku pake resep NCC original By. Bu Fatmah Bahalwan


BIKA AMBON

Bahan A:
100 gr Tepung terigu protein sedang
200 ml Air kelapa segar
11 gr Ragi instant

Bahan B:
16 btr Kuning telur
400 gr gula pasir
300 gr Tepung sagu tani
600 ml Santan kental matang ( direbus bersama daun pandan, daun jeruk dan daun serai)
1 sdt Garam
1 sdt Vanilli

Cara membuatnya:

1. Aduk bahan A sampai rata, diamkan selama 15 menit.
2. Aduk rata : telur, gula, garam dan vanilli, lalu masukkan bahan A, dan tepung sagu, aduk rata sambil tuangi santan sedikit demi sedikit sampai santan habis. Saring.
3. Istirahatkan selama 2 jam.
4. Tuang adonan kedalam cetakan oval yang dipoles minyak tipis-tipis. Panggang dalam oven panas yang pintunya setengah dibuka, sampai matang. ( aku tidak di oven tapi di atas api langsung menggunakan cetakan lumpur, panaskan cetakan dengan api sedang,olesi dengan sedikit minyak, tuang adonan sampai berbunyi cesssss sesaat biar adonan langsung bergelembung membentuk sarang2. Kemudian kecilkan api biarkan sampai matang. Tarakhir bila permukaan masih basah....tutup sebentar dan angkat )





Salam LBT......!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar