Sabtu, 30 April 2011

FRUTTY BLACKFOREST






BDCK for my Hubby


Happy b'day....ya ko !
Semoga sekarang dan selamanya akan menjadi suami dan papa yang baik. Amin....

FRUTTY BLACKFOREST
base cake nya adalah Black forest 3 layer.
Dengan filling ganache coklat....dan di cover ganache juga.
Cuman tidak memakai dark cerry....coz sayang cuma punya stock dark cerry 1 kaleng untuk persediaan bakulan. hehhehe...karena susah banget nemuin dark cerry.

Aku coba pake pagar coklat seperti sabuk.....Aduhhh aku lupa namanya apa.....
dengan topping buah strawberry dan leci kalengan.



mmmm......ayokkk anak2..... buat2 sendiri kita makan2 sendiri...hehehehe







kalo di tanya resep aku ....jadi bingung....hehehe
Sebenarnya ini adalah bolu hongkong yang aku modif menjadi mirip blackforest.

aku sudah kadung jatuh cinta ma bolu hongkong....lembut n irit telur.
Kalau aku boleh kasih nilai ...bolu hongkong nilai nya lebih tinggi dari pada sponge cake....hehehe kayak guru aja kasih nilai.

Ok deh aku kasih bocoran nya....awas ntar banjir yah.....hehehe
Resep ini untuk per layer ya


Bahan A :
50 g tepung terigu protein rendah
10 g maizena
15 g coklat bubuk
1 sdm penuh coklat bubuk blackforest ( aku gak tau merk nya, beli di tbk 50 g sekitar 6rb an warnanya hitam pekat)
1/2 sdt Baking Powder

Bahan B :
4 kuning telur
30 g gula pasir
1 sdt SP

1 sdm SKM

Bahan C :
4 putih telur
50 g gula pasir
1 sdm air jeruk nipis
1/4 sdt garam
1 sdm pasta Blackforest


Bahan D :
50 g margarine/mentega
50 g DCC potong2


Cara membuat :
- Siapkan loyang d.24 cm oles margarine , alasi kertas roti dan oles margarine lagi
- Bahan A : ayak bahan A
- Bahan D : lelehkan margarine/ mentega sampai leleh...matikan api kemudian masukkan DCC dan aduk2 sampai leleh dan tercampur...biarkan dingin
- Bahan B : kocok kuning telur bersama gula dan SP sampai kental dan putih, masukkan SKM kocok lagi sampai tercampur...sisihkan
- Bahan C : Kocok putih telur bersama garam dan air jeruk sampai berbusa dengan speed sedang, kemudian masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok sampai mengembang soft peak.
- masukkan adonan kuning telur ke dalam adonan putih telur, campur menggunakan mixer speed rendah sampai tercampur rata, kemudian masukkan pasta dan kocok lagi sebentar sampai tercampur rata.
- Masukkan bahan A sedikit demi sedikit dengan mixer speed rendah sampai habis dan tecampur rata
- Terakhir masukkan campuran margarine dan DCC...aduk melipat dengan spatula sampai tercampur rata
- Tuang dalam loyang....hentak2kan bbrp kali untuk membuang gelembung2 yang terperangkap dalam adonan
- Oven di suhu 185'-200' selama 20-30 menit . Karena adonan tipis maka suhu yang digunakan harus lebih tinggi dan waktu oven sebentar. 25 menit pemanggangan pindahkan ke rak atas untuk mengeringkan bag atas cake


Penyelesaian :
- letakkan 1 layer cake di atas alas tart dengan bagian atas cake posisi di bawah. ( karena bag atasnya adalah kulit yang gak bisa menyerap simple syrup).
- olesi permukaannya dengan simple sirup yang di campur essence rum (bisa diganti essence susu atau vanila)
- Tambahkan ganache di atasnya...ratakan
- kemudian taruh  cake yang ke 2  di atasnya dengan posisi yang sama dengan cake pertama, olesi simple syrup dan tutup dengan ganache
- Terakhir taruh cake yang ke 3 dengan posisi normal, yaitu bag atas cake berada di atas
- Cover seluruh bagian cake dengan ganache dan siap di dekor sesuai keinginan....

Selamat berkarya......

1 komentar:

  1. salam kenal mbak nien,

    aku selalu update blog-mu lho mbak..btw aku udah praktekkan utk resep ini, hasilnya memang benar2 lembut mbak, semua orang rumah suka lho..cuman ada sedikit yg selalu membuat aku ragu, utk pengadukan saat pencampuran adonan kuning telur ke putih telur, dan saat pengadukan tepung yg dimsukkan ke adonan, selama ini aku pake teknik aduk balik, sebenarnya pengen banget kalo pake mixer (biar rata/homogen) karena tiap aku aduk balik, selalu masih ada sedikit tepung yg belum tercampur, padahal aku aduk balik lumayan lama. cuman kendalanya aku takut adonan jadi turun kalo diaduk pake mixer. mohon penjelasnnya donk mbak, apakah pencampuran diatas yg aku sebutkan bisa menyebabkan adonan turun atau tidak jika pake mixer.

    tks a lot udah share resepnya, aku juga udah kadung cinta sama bolu hongkong ini. sekarang bisa tahu bedanya dengan sponge cake.

    salam,
    Yani

    BalasHapus