Selasa, 15 Maret 2011

34 pcsTarts with Edible Foto for Faylinn



Aku dapet orderan 34 pcs Tart untuk 'Man Yue' atau satu bulanan baby.
Tart ini dipesan oleh seorang kerabat 'Non Feli' untuk 1 bulan anaknya.
Tart with edible foto dan dekor menggunakan pagar dari coklat.
Thank you ya...Non Feli....bulan depan man yue lagi tah ? hehehehe

Kali ini aku harus mempersiapkan matang2, belajar dari kemaren aku mengerjakan 22 pcs tart sendiri.
Alhasil aku menangis semalaman gak tidur. Kali ini aku meminta bantuan asisten. Akhirnya bisa tepat waktu sesuai rencana.

Base cake nya adalah Bolu hongkong dengan ukuran cake diameter 16cm, dengan cover butter cream dan pagar coklat mengelilingi dan sedikit bunga2 gum paste n trimit.





Bagi yang mau nekat seperti aku...hehe...ini tips dari aku cara mempersiapkan pesanan dalam jumlah banyak. Supaya bisa selesai tepat waktu dan meng efisien kan waktu. Semoga berguna ya....








Gambar 1,2,3
Berhubung pemesan meminta dekor menggunakan pagar dari coklat, terlebih dulu harus menghitung berapa jumlah pagar yang di butuhkan. Ukur loyang melingkar dengan benang atau apapun, kemudian ukur berapa panjang benang kemudian bagi dengan lebar 1 bj pagar coklat. Didapat jumlah pagar yang di butuhkan untuk 1 cake, kalikan dengan jumlah cake yang akan di buat
Contoh nya pesanan ku ini : 1 cake membutuhkan kurleb 39 bj pagar x 34 pcs tart = 1.326 bj pagar
Berhubung aku memakai 3 warna jadi di bagi 3 menjadi 442 bj per warna nya.

Gambar 4
Potong2 pita sebanyak jumlah tart yang akan di buat. Supaya mempercepat proses dekorasi nya.

Gambar 5
Timbang gula sesuai ukuran resep, dan masukkan kantong plastik. Cara ini aku pakai supaya mempermudah dan mempercepat proses pembuatan cake. Kenapa aku pilih wadah plastik, karena lebih efisien dan tdk memakan tempat. tinggal robek plastik dan tuang.

Gambar 6
Timbang juga tepung dan bahan kering lain nya.Dan masukkan kantong plastik

Gambar 7
Potong2 dulu kertas roti sesuai yang di butuhkan. Bayang kan kalau harus menggunting kertas roti setiap akan memanggang, akan menyita waktu bukan ?

Gambar 8
Siapkan kotak kemasan terlebih dahulu. setelah cake dingin bisa langsung di masukkan kotak. Jadi cake bisa tersimpan rapi dan tdk memakan tempat. Apalagi dapurku super mungil


Satu2nya yang tidak aku persiapkan adalah margarine/butter. Karena terlalu ribet kalau harus mengemas butter/margarine satu2.Jadi margarine/butter aku timbang sesaat sebelum proses membuat cake sesuai yang di butuhkan dalam 1 kali panggangan.

Satu lagi yaitu tentang loyang, siapkan loyang sebanyak 2 kali jumlah loyang dalam sekali memanggang. Ini aku 4 loyang dalam sekali memanggang, jadi loyang yang di perlukan adalah 8 bh loyang. 4 bh untuk memanggang,  jadi masih ada sisa 4 loyang yang harus di persiapkan untuk panggangan berikutnya.
Setelah cake di keluarkan dari loyang, segera lap dengan tissue sisa2 remahan cake yang menempel di loyang. Tidak perlu di cuci, langsung di poles margarine lagi dan di alasi kertas roti. Siap di pakai lagi




Ini penampakan bolu hongkong , fresh from the oven.





Edible foto by Jessie Cake
Kotak kemasan by Emefprint
Thank you !!!!  


Bukan sok atau apa ya...aku cuma ingin berbagi sedikit pengalaman. Semoga berguna bagi siapa aja yang akan membuat tart dalam jumlah banyak. Nekat yuk kayak aku....hehehe

1 komentar:

  1. Maaf banget mbak aku nanya disini :D
    untuk pagar2nya itu pake cetakan apa ya?
    tengkyuuu...

    BalasHapus