Senin, 07 November 2011

Tonsemg kambing

TONGSENG KAMBING



Hari Idhul Adha kemarin aku juga dapat bagian daging kambing dari tetangga ku yang baik hati bu Dwi Mulyati....karena bu Dwi kurban kambing, aku juga dapat bagian...hihihi makasih ya bu

Hari ini aku juga dapet kiriman TONGSENG KAMBING dari ipar ku 'thia' Ruth.....di kasih nya se emprit banget....hehe. Aku rasain enak juga ( tumben bisa masak dia ) berasa lewat aja makan tongseng se emprit.

Kebetulan daging kambing pemberian bu Dwi belum aku apa2in, karena se umur2 belum pernah masak daging kambing. Ya udah langsung tancep aja bikin Tongseng....ternyata tongseng itu enak juga (NDESOO)
nyam nyam....suamiku Andy Samuel....jangan iri ya....aku masak tongseng nih...hehe


Resepnya dari tabloid nyata
ini dia...sudah aku sesuaikan dengan seleraku

Bahan :
500 g daging kambing potong kotak2
100 g kubis potong2 ( aku gak punya kubis aku ganti bunga kol )
1 bh tomat potong jadi 8 bagian
3 bh cabe merah buang biji dan potong2 besar
2 bh daun bawang  iris serong( aku ganti bawang bombay)
3 bh serai memarkan
5 bh daun jeruk
merica
200 ml santan
garam
kecap manis
minyak untuk menumis

Bumbu halus :
1 cm jahe
1 cm kunyit
4 siung bawang putih
10 bh bawang merah

Cara membuat :
- panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama serai hingga layu dan harum
- masukkan daging kambing, garam dan merica...aduk rata sampai daging berubah warna dan mengeluarkan air
- tambahkan santan dan daun jeruk, masak sampai daging lunak ( tambahkan air selama daing belum lunak)
- Masukkan kecap sesuai selera
- masukkan bawang bombay, kembang kol, cabai merah dan tomat...masak lagi selama 5 menit
- angkat dan sajikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar