Kamis, 23 Februari 2012

AYAM KODOK




AYAM KODOK......


Ini Ayam kodok pertamaku.....

Sewaktu kopdar sama mba Rachmawaty Luthfie, kita ngobrol masalah ayam kodok....Mba Waty ngompor2 in supaya aku bikin. Kepengen banget sih bikin....cuma lihat daftar bahan2 nya yg banyak itu...kok selalu maju mundur aja....
...
Ternyata benar...seharian umek2 si ayam kodok....fiuhhh....ribet banget. Tapi setelah jadi...lega banget....

Langkah sampai mengukusnya aman terkendali, engga ada yg pecah.....ambil napas lega.
Setelah di panggang....eh kenapa jadi ada totol2 nya di punggung si ayam.....hihihihi
Jadi seperti kodok beneran....bertotol....
Tapi itu engga mengurangi rasa si ayam kodok...
Rasanya cukup enak...kalo menurutku mirip banget galantine ya.....
nyam nyam.....


Resepnya aku pilih mencoba resep mba R...yang kabarnya enak banget....
ini resep beserta langkah2 nya aku kutip dari blog mba R
AYAM KODOK
by. Rachmah Setyawati
Langkah I : SIAPKAN AYAM UTUH.
Pilih 1 ekor ayam berukuran sedang besarnya tanpa isi perut, cuci bersih. Pilihlah kulit ayam yang tidak mudah robek/masih bagus kondisinya.


Langkah II : MEMBUAT ADONAN ISIAN.
Bahan isian

250 gr daging ayam giling

250 gr daging sapi giling

2 bh hati ayam, rebus matang, haluskan

2 potong roti tawar, rendam dalam susu cair, haluskan

4 butir kuning telur

3 butir putih telur

1 sdt gula

½ sdt garam

1/8 sdt merica bubuk hitam

1/8 sdt pala bubuk

1 blok/balok kaldu blok rasa ayam

1 bungkus Cream chicken soup instant

1 sdm saus tiram


1/4 bulat kecil Bawang bombay + 3 siung bawang putih, cincang halus, tumis harum

1 kaleng jamur champignon , ukuran sedang, cincang kasar


4 butir telur rebus (untuk isi pada ayam)


Cara membuat:
Campur dan aduk semua bahan jadi satu (kecuali 4 telur rebus) hingga merata, cicipi dulu rasanya, bila sudah pas, sisihkan, siap untuk dimasukkan dalam ayam kodok.



Langkah III : MEMBUAT AYAM KODOK

Kelupas kulit ayam, caranya, lewat lubang pada leher ayam, kita telusur ke lapisan kulit dalam, gunanya untuk memisahkan kulit ayam dari bagian dada ayam kebawah. Kita sisakan bagian kedua sayap utuh dan kedua bagian paha bawah utuh. Pada saat memotong bag paha dan sayap....cari pertemuan 2 tulang sendinya....potong diantara 2 tulang sendi itu, agar mudah memotongnya


Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa melihat referensi bagus tentang cara memisahkan kulit dari bagian dada ayam lewat link berikut :

http://cikciks.multiply.com/video/item/7

(MP milik Stella _ Rumah Asap dgn tutornya Bunda Estherlita)


Langkah IV : MENJAHIT
salah satu lubang, kita bisa pilih bagian lehernya, atau bagian pantat ayam. Gunanya agar saat memasukkan adonan isi , dapat dilakukan dengan rapi ke seluruh bagian dalam ayam.

Langkah V : MEMASUKKAN ADONAN ISIAN. 

Jahit salah satu lubangnya...lubang di leher atau lubang di pantat. Kalo saya lebih suka menjahit bagian pantat dulu....karena lubang pantat lebih lebar dari pada lubang leher. Supaya lebih gampang menutup setelah ayam terisi....
Masukkan hingga padat keseluruh bagian dalamnya, kira2 1/2 bagian ayam utuh, lalu letakkan/selipkan 2 butir telur ayam rebus, atur letaknya, yang satu disisi kiri (paha kiri kiri ), satu lagi disisi paha kanan.

Kemudian isi dengan adonan lagi.

Menjelang penuh, masukkan kembali 2 butir telur ayam rebus, satu di bagian dada kiri, satu lagi di dada kanan. Setelah itu tutup sempurna semua dengan adonan isian lagi dan mulai jahit kulit bagian leher ayam dengan rapi.


Langkah VI : MENGUKUS AYAM KODOK .

Letakkan ayam kodok pada loyang yang sudah disemir margarin tipis-tipis, aku pakai pinggan tahan panas . Kemudian, tusuk-tusuk ayam dengan jarum, agar saat dikukus nanti tidak mengelembung (berisi air /menjadi pecah kulitnya). Kukus ayam kodok selama kurang lebih 30 menit/hingga matang. Setelah matang, angkat loyang berisi ayam kodok tadi, tiriskan air kaldu yang terdapat di dasar loyang. Sisihkan (untuk dicampur kedalam adonan saus nanti).


Langkah VII : MEMANGGANG AYAM KODOK.

Panaskan oven dengan suhu sekitar 175 derajat celcius.

Poles ayam kodok yang masih hangat dari kukusan tadi dengan bahan saus polesan secara merata, baik bagian atas maupun bagian sisi bawah ayam kodok.


Bahan Saus Polesan :

1 1/2 sdm margarin

2 sdm madu

2 sdm kecap manis

1/8sdt pala halus

1/4 sdt merica hitam bubuk
 
 aduk semua bahan menjadi satu, siap untuk dioleskan pd ayam.

Masukkan oven, panggang sekitar 5 menit, keluarkan poles lagi dengan saus polesan, panggang lagi, lakukan hingga 2 - 3 kali lagi polesan. Panggang hingga kira2 20menit (bumbu polesan bener2 terlihat terserap kecoklatan agak tua).

Keluarkan ayam kodok, matikan oven. Biarkan dingin. Jangan buang sisa saus polesan yang mengendap di dasar loyang, sisihkan saja (untuk bahan saus BBQ nanti).



Langkah VIII : MEMBUAT SAUS BBQ & JAMUR CHAMPIGNON.

Bahan Saus :
1/4 bulat Bawang bombay, cincang kasar
1/2 kaleng kecil jamur champignon, cincang kasar
2 sdm Margarin
¼ sdt Merica
1/4 sdt Garam
2 sdm Kecap Manis
1 sdm Kecap Inggris
1 sdt Saus Tiram
4 sdm Saus tomat
Saus Madu sisa polesan
200 - 250 cc Air Kaldu Ayam sisa kukusan
1 sdt Maizena, larutkan dengan sedikit air
 
Cara membuat saus :
Tumis bawang bombay dengan margarin dan minyak goreng hingga harum. Masukkan jamur cincang, aduk2 rata. Campur semua macam kecap dan saus madu, masukkan ke dalam tumisan, aduk2 rata hingga harum dan agak sedikit berkaramel, kemudian bubuhi garam, merica, aduk lagi.
Tambahkan kaldu ayam, aduk2 merata, cicipi, jika rasa sudah cukup pas, baru terakhir tambahkan larutan maizena , aduk mendidih hingga agak kental. Matikan api, siap digunakan sausnya.

Langkah XI : MEMPERSIAPKAN SAYURAN/PENDAMPING SAJIAN.

Untuk satu paket sajian dengan 1 ekor ayam, kira2 dibutuhkan sayuran sejumlah berikut :

Wortel = 1/2 kg

Buncis = 250 gr

Kembang Kol/Brokoli = 250 gr

Kentang = 1 kg

1/2 ikat daun selada keriting untuk garnish

2 buah tomat untuk garnish

1 bh Cabe merah untuk garnish

1 bh Daun bawang untuk garnish


Cara memasak sayuran :

Setup Wortel ----------> potong2 agak tebal bentuk memanjang seibu jari, masukkan ke dalam air mendidih yang sudah diberi 1 sdm gula pasir, masak hingga 1/2 matang, tiriskan, beri 1/2 sdm margarin, aduk2 merata. Sisihkan, siap ditata.

Setup Buncis ------------> potong2 agak tebal bentuk memanjang seibu jari, masukkan ke dalam air mendidih yang sudah diberi 1 sdm gula pasir, masak hingga 1/2 matang, tiriskan, beri 1/2 sdm margarin, aduk2, lalu taburi dengan sedikit merica hitam bubuk merata. Sisihkan, siap ditata.

Setup Kembang Kol ------------> potong2 agak tebal sesuai kuntumnya, masukkan ke dalam air mendidih yang sudah diberi 1 sdm gula pasir, masak hingga 1/2 matang, tiriskan, beri 1/2 sdm margarin, aduk2, lalu taburi dengan daun peterseli cincang merata. Sisihkan, siap ditata.

Kentang Goreng -----> Potong2 sepanjang ibu jari, agak tebal, goreng dengan api sedang hingga benar2 matang dan agak garing ( tandanya buih2 minyak tinggal sedikit), tiriskan minyak, siap ditata.




Langkah X : MENYUSUN SAJIAN AYAM KODOK.

Siapkan wadah dengan bentuk sesuai selera (bulat/persegi) sekitar ukuran 30X35cm.

Persiapkan garnish dan sayuran yang akan disajikan.

Pertama, susun ayam kodok yang telah dioven sebagai "centre piece", trik agar ayam kodok bisa tampak lebih tinggi, sebelumnya letakkan beberapa potong sayur wortel di bawahnya, hingga nanti ayam kodok bisa terlihat lebih tinggi & cantik.

Selebihnya, susun semua garnish dan sayuran serta sausnya dengan rapi. Siap disajikan.


*aku cuma menggunakan wortel, buncis, selada, tomat dan kentang goreng untuk garnisnya




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar