Selasa, 17 April 2012

PIA BASAH







PIA BASAH

Pernah makan pia yang di jual di pasar2 dengan harga sangat murah ? bahkan ada yg per bj nya 500 perak.
Aku mencoba mencari tau bagaimana sih cara membuat nya. Pia ini beda dengan pia pada umumnya, ataupun bakpia. Pia ini mirip roti ....itulah kenapa pia ini lebih di sebut pia basah. Sebenernya memang roti yang di bentuk mirip pia.

Kadang suka kuatir juga dengan pia2 yang beredar dengan harga murah itu. Lebih aman dan nyaman kalau kita bisa membuat sendiri..

Dengan bantuan teman2 akhirnya aku menemukan resep yang pas menurutku....
Trimakasih buat teman2 yang sudah membantu....

Resep yang lebih pas adalah resep ci Liu....si jago bikin tart itu....hehehe. Makasih ci....

PIA BASAH by. Liu Nomiaty Cake

Bahan :
500 g tepung terigu segitiga
75 g mentega ( aku pake margarine)
250 ml air hangat
1 bks ragi instant
100 g gula pasir
1 sdt garam

Cara membuat :
- campur tepung, ragi dan gula pasir
- Masukkan air hangat, uleni hingga rata adonannya.
- masukkan margarine dan garam uleni lagi sampai kalis elastis
- bulatkan adonan dan diam kan selama 45 menit
- Kempiskan adonan dan timbang masing2 30 g, bulatkan dan diamkan lagi 30 menit.
- Kempiskan adonan dan isi dengan bahan isi . Bulatkan kembali
- Biarkan 15 m sebelum di oven pada suhu 200' selama 10 menit.
- keluarkan dari oven dan balik...masukkan oven lagi panggang selama 5 menit. Angkat


Bahan isi :
250 g kacang hijau
125 g gula pasir
1 sdt essense vanila
1/2 sdt garam
3 sdm minyak goreng

cara membuat :
- Rebus kacang hijau sampai empuk, angkat dan tiriskan, kemudian haluskan
- Masak bersama minyak....masukkan gula pasir, garam dan essence, aduk2 sampai kacang hijau agak kering. Angkat dan dinginkan

3 komentar:

  1. MBak, aku dah praktekkan...ternyata resepnya emang uueeenakkk! persis yang kayak dijual, tapi ini lebih lembut. Makasih udah sharing ^^

    BalasHapus
  2. mbak..ijin nyontek resepnya yah... :)

    BalasHapus
  3. Wuih...sepertinya enak. Tadinya cari resep bakpia, tetapi sepertinya mudah yang ini.

    BalasHapus